Nimbrung Di Warung Kopi Bhabinkamtibmas Polsek Jati PolresBlora Sampaikan Dampak Negatif Berita Hoax

Upaya untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman di lingkungan masyarakat, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jati, Polres Blora Bripka Suyono melaksanakan giat patroli sambaing desa. Langkah ini sebagai sarana untuk membangun kemitraan antara Polri dengan warga masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Sabtu (10/11/18).

Seperti yang dilakukan anggota Bripka Siyono pagi ini, saat melintas di pemukiman penduduk melihat banyak warga yang sedang cangkrukan tanpa sungkan langsung ikut nimbrung bersama di ssebuah warung kopi Dukuh Ngembag, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Blora.

Dalam kehidupan masyarakat desa, warkop merupakan tempat nyaman yang digunakan warga untuk melepas kelelahan atau sekedar mengobrol atau bercanda dengan menikmati secangkir kopi maupun teh hangat.

Dengan suasana keakraban Bripka Suyono dapat menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga yang saat itu sedang berkumpul di warung kopi, demikian pula para warga tanpa sungkan juga dapat memberikan informasi-informasi terkait adanya gangguan kamtibmas yang terjadi disekitar lingkungannya.

Kegiatan cangkrukan seperti yang dilakukan di warung kopi oleh Kepolisian adalah salah satu sarana dalam mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga terjalin komunikasi aktif untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang selalu kondusif. Selain itu juga dimanfaatkan anggota Patroli untuk menghimbau kepada masyarakat supaya membantu menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pemilu 2019.

Dikarenakan saat ini ada beberapa glintir orang yang memanfaatkan situasi Pemilu untuk menyebarkan berita hoax dengan tujuan memecah belah kerukunan masyarakat.

Kapolsek Jati IPTU Supriyono, S.H, menekankan bahwa, anggota Kepolisian harus proaktif dalam melakukan giat patroli sambang terhadap warga masyarakat, kegiatan ini menjadi tanggung jawab untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas, kesadaran hukum dan mencegah meluasnya berita Hoax dan isu provokasi yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Kegiatan sambang dan temu warga ini sangat penting, sebab dengan adanya Interaksi yang terus menerus maka senantiasa masyarakat akan mengerti dan memahami tentang informasi nasional sehingga akan mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas yang disebabkan oleh adanya berita Hoax atau isu provokasi”. Jelas IPTU Supryono.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password