Peringati HUT Polantas Ke 63 Polres Blora Gelar Lomba Safety Riding

Salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas yang ke 63 Kepolisian Resor (Polres) Daerah Kabupaten Blora menggelar lomba Safety Riding yang diikuti oleh komunitas club motor, maupun instasi pemerintahan lain yang ada di Kabupaten Blora. Pelaksanaan lomba safety riding dilakukan di alun-alun depan Pendopo rumah dinas Bupati yang langsung di buka oleh Bupati Blora H. Djoko Nugroho. Sabtu, (22/9) pagi.

Pada pelaksanaan lomba safety riding dalam rangka HUT Polantas ke 63 ini dihadiri beberapa instansi seperti Dishubkominfo, Satpol PP, Kodim 0721/Blora, BPBD, Batalyon 410/Alugoro serta seluruh Polsek jajaran Polres Blora.

Selaku ketua panitia Kasat Lantas Polres Blora AKP Himawan Aji S.H, S.I.K menyampaikan, maskud digelar lomba safety riding yakni dengan mengambil tema “Dengan Semangat Promoter, Polantas Mengimplementasikan Road Safety Menuju Zero Accident.”

Bertujuan agar masyarakat sadar bahwa pentingnya pelopor keselamatan tertib berlalu lintas dijalan bahwa bagaimana cara tertib berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memakai helm yang baik dan berkendara tidak perlu kebut – kebutan di jalan serta yang paling penting periksa kelengkapan surat-surat dan kondisi kendaraan sebelum di pakai.

Bupati Blora H. Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa atas nama pemerintah daerah dirinya mengapresiasi kegiatan lomba safety riding ini. Karena selain lomba juga bisa sekaligus belajar bagaimanan cara berkendara yang baik dan benar oleh para instruktur dari Sat Lantas Polres Blora.

Selain itu Bupati juga mengatakan bahwa mesin kendaraan baik roda empat maupun roda dua adalah alay pembunuh paling ampuh di dunia. Karena jika kita tidak mematuhi kententuan berkendara akibatnya bisa vatal jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan bagus ini, semoga kedepan kegiatan lomba safety riding tak hanya dalam rangka Hut Polantas saja. Mesin kendaraan adalah alat pembunuh mematikan. Untuk itu dikesempatan ini selain mengikuti lomba safety riding dengan hadiah jutaan rupiah, kita juga bisa belajar bagaimana berkendeara yang baik dan benar.” Kata Bupati Blora.

Dalam lomba safety riding ini juga ada santunan bagi para korban kecelakaan yang mengalami cacat fisik. Bantuan dan santunan berupa kursi roda, kaki palsu, tongkat, dan uang tunai, diserahkan langsung oleh Bupati, Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H, Dandim 0721/Blora Letkol Inf Rizadly, dan Danyon 410/ Alugoro Letkol Inf Cristian Tarigan. Bagi yang berminat membantu sesama, Stand donor darah juga disediakan dalam acara lomba safety riding kerjasama dengan PMI Kab. Blora.

Kriteria penilaian juri safety riding menyebutkan, setiap peserta berhak mematuhi beberapa kriteria penilaian. Diantaranya terkait penilaian postur, kendaraan bermotor, pakaian dan riding gear, serta penilaian cara berkendara. Mereka akan didiskualifikasi jika menginjak pedal atau tuas kopling tidak untuk mengganti presneling selama berlomba dan berhak dihentikan oleh juri apabila peserta berkendara tidak stabil.

Hasil akhir lomba safty riding untuk juara beregu : Juara 1. Tim Trabas Blora, 2. Tim FIF dan 3. Tim Polres Blora. Untuk kategori perorangan : Juara 1. Bripka Khoirul Budi anggota Polsek Blora, 2. Aiptu Antok Sukoco anggota Polsek Japah, dan 3. Prayogo Nugroho.

Dengan dilaksanakan kegiatan lomba ini, selain meningkatkan ketrampilan pengemudi sepeda motor, juga diharapkan dapat menjaga sinergitas antara Polri-TNI dan instansi samping untuk mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password