Kapolres Blora Pimpin Apel Pembukaan Pelatihan Karhutlah

Demi meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam penanganan Karhutla di wilayah hukum Polres Blora, maka pagi tadi Kamis (13/9/18) sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di Hutan Kota, wilayah Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora telah diselenggarakan Apel Penanganan Karhutla (Kebakaran Lahan dan Hutan) yang dipimpin oleh Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K MH.

Kegiatan tersebut dihadiri kepala ADM Perhutani Randublatung Hilal, ADM Rembang, ADM Cepu dan ADM Randublatung. Serta para Kapolsek jajaran Polres Blora, dikuti oleh seluruh peserta apel dari Bhabinkamtibmas dan anggota Polhut gabungan dari empat KPH yang ada diwilayah hukum Polres Blora.

Kapolres Blora yang bertindak selaku pimpinan apel siaga karhutlah dalam arahannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh personil yang tergabung dalam Satgas penanganan dan pencegahan karlahut wilayah Kabupaten Blora, yang telah bekerja secara optimal sehingga memberikan kontribusi dan mencegah terjadinya kebakaran lahan di wilayah kabupaten Blora sejak tahun 2017 sampai 2018 ini.

Selain itu Kapolres Blora selaku Pimpinan Apel meminta kepada seluruh personil untuk terus menjalin sinergritas antara Polhut dengan Kepolisian Polres Blora dalam penanganan masalah karlahut ini dan hilangkan ego sektoral demi pelaksanaan tugas penanganan karlahut yang lebih baik kedepannya.

AKBP Saptono mengatakan, kesiapan personel dan sarana prasarana untuk penanggulangan karhutla penting dilakukan sehingga bisa diterjunkan dan digunakan setiap saat jika terjadi kebakaran.

“Ada beberapa faktor penyebab kebakaran hutan yang sering terjadi, diantaranya faktor cuaca maupun unsur kesengajaan karena masyarakat dengan sengaja membakar daun di hutan yang seharusnya di potong, ataupun membakar padang ilalang dengan berbagai maksud dan tujuan,” ungkap Kapolres.

Ditekankan, pihaknya mengarahkan personel terutama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat utamanya yang dekat dengan kawasan hutan.

Dijelaskan, seluruh Bhabinkamtibmas diinstruksikan menyosialisasikan bahaya karhutla dan pencegahannya disamping menyampaikan sanksi dan denda yang harus dibayar jika terbukti melakukan pembakaran hutan dengan sengaja.

“Kami instruksikan Bhabinkamtibmas melakukan pembinaan langsung kepada masyarakat terkait karhutla sekaligus menyampaikan dampak karhutlah yang selain merusak lingkungan hutan juga polusi udara,” kata AKBP Saptono.

Dikatakan, kepolisian terus berupaya memberikan penyadaran ke masyarakat terkait karhutla sehingga lebih memilih melakukan pendekatan dibandingkan sikap refresif atau penindakan.

“Kami tidak ingin berbenturan dengan masyarakat, sebaliknya mengajak semua untuk bersama-sama mencegah potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Kapolres Blora AKBP Saptono juga menekankan salah satu program kerjanya yakni pemberantasan illegal loging kepada seluruh peserta apel. Dirinya membeberkan tentang sanksi pidana dan denda apabila ada keterlibatan personil baik Kepolisian maupun Polhut apabila terbukti turut andil dalam kasus illegal loging.

“Saya tidak main-main dalam program pemberantasan illegal loging, baik anggota Polres Blora maupun Polhut yang ingin bermain api silahkan, tapi apabila tertangkap dan terbukti bersalah hukum pidana dan kode etik yang akan berbicara,” tegas AKBP Saptono.

Usai Apel pembukaan penanganan Karhutlah dilanjutkan dengan pelatihan deteksi dini, olah TKP dan bela diri praktis bagi anggota Polhut dengan instruktur dari Polres Blora dibawah kendali Kasat Binmas AKP Slamet.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password