Kapolsek Jepon Dan Cepu Polres Blora Turun Langsung Pantau Kelayakan Makanan Dan Minuman

Dua Kapolsek jajaran Polres Blora yakni Jepon AKP Sudarno, S.H dan Cepu AKP Slamet Riyanto, S.H bersama anggota melakukan pengecekan terhadap makanan dan minuman yang dijual di pasar maupun toko-toko besar di wilayahnya masing-masing untuk memastikan barang yang dijual layak konsumsi.

Dalam kegiatan operasi pasar ini, petugas langsung mengamati beberbagai jenis makanan dan minuman yang dijual pedagang. Karena banyak produk jajanan yang bermunculan petugas meminta agar pedagang tidak menjual barang yang tidak jelas asal usulnya dan tidak memiliki keterangan dari Dinas Kesehatan maupun BPOM RI.

Kapolsek Jepon, AKP Sudarno, S.H mengetakan, pemantauan terhadap barang yang dijual oleh pedagang untuk memberikan rasa aman pada masyarakat agar terhindar dari makan dan minuman yang sudah tidak dapat dikonsumsi.

“ini bukan merupakan tahap awal, namun sudah dilakukan jauh hari sebelum bulan puasa. Sesuai perintah Kapolres Blora, nanti kita akan kembali melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa seluruh toko di seluruh Kecamatan wilayah Kab. Blora, benar-benar menjual makanan yang keamanannya terjamin.” kata AKP Sudarno, Jumat (25/5/2018) saat dikonfirmasi.

Menurutnya, dalam kegiatan sidak selanjutnya akan dilakukan bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perdagangan, agar pemantauan kelayakan makanan dan minuman tersebut bisa lebih optimal. Mengingat, barang yang akan dicek cukup banyak dan berbagai macam jenis.

“Biasanya itu produk kadaluwarsa keluar satu mendekati hari lebaran, jadi kita akan pantau baik yang di pasar maupun yang di pertokoan,” tuturnya.

Selain memantau tanggal kadaluwarsa produk, ia juga akan melakukan pengecekan kondisi fisik dan kandungan bahan berbahaya pada produk yang beredar.

Kapolsek Cepu AKP Slamet Riyanto menambahkan, selain mengecek kelayakan, nanti kita juga akan memantau nilai jual barang, apakah harga yang dipatok oleh pedagang sudah sesuai dengan standar. “Ini bertujuan untuk menghindari pedagang yang menetapkan harga tidak wajar kepada para konsumen,”ujarnya.

Dalam pemantauan harga yang dilakukan pagi tadi diberbagai toko dan pasar, Kapolsek menghimbau kepada pedagang agar harga barang yang ditetapkan sesuai standart umum. Supaya masyarakat sebagai konsumen tidak dirugikan, terlebih saat ini mendekati hari raya Idul Fitri.

“Dikhawatirkan momen seperti ini dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang untuk mengambil untung sebanyak-banyaknya, mengingat kebutuhan masyarakat akan meningkat jauh dari sebelumnya,”terang AKP Slamet Riyanto.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password