Zona Integritas, Komitmen Polres Blora Tingkatkan Pelayanan Publik Yang Mudah, Cepat Dan Bebas Korupsi

Kepolisian Resort Blora, Polda Jateng terus meneguhkan semangat dan komitmen seluruh jajarannya dalam mewujudkan reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan pembangunan zona integritas bukan hanya dilaksanakan sebagai amanat dan sesuai dengan rencana strategis penanggulangan korupsi yang dapat mencegah terjadinya perilaku koruptif di instansi Polri khususnya Polres Blora.

Pembangunan zona integritas menandai dimulainya gerakan masif memerangi korupsi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih di wilayah Hukum Polres Blora, Hal ini diungkapkan Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H pada saat mengumpulkan Kelompok Kerja Unit Pembangun Integritas Polres Blora di Aula Aryyaguna Mapolres, Kamis (01/03/18), Siang kemarin.

Kapolres Blora mengatakan bahwa, salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi adalah dengan cara mewujudkan zona / wilayah bebas dari korupsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Lingkungan Istansi Pemerintah.

”Kepolisian Resor Blora juga telah berupaya mempersiapkan beberapa peraturan pendukung yaitu, pelayanan laporan sistem online pembuatan SKCK Online dan Peraturan tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat online, Peraturan tentang Penyelenggaraan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM”. Ujarnya.

”Disamping telah mengeluarkan beberapa Program yang berbasis TI (tekhnologi Informasi)/Online dan juga aplikasi berbasis android dan Layanan call centre bantuan polisi 110 (gratis) yang disediakan untuk masyarakat yang memerlukan bantuan Kepolisian” , Ujar Kapolres AKBP Saptono.

Untuk menuju terbentuknya wilayah bebas dari korupsi, maka terlebih dahulu perlu dibangun zona integritas di lingkungan unit kerja/Satuan dan Fungsi. Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Predikat tersebut diperoleh melalui beberapa tahapan dalam pembangunan zona integritas.

Kapolres Blora menyatakan bahwa pihaknya pasti mampu untuk membuat Polres Blora menyandang Predikat Zona Integritas, menurutnya hal ini didasari dari kegigihan dan kerja keras personil Polres Blora yang ditunjukan dalam hal membenahi sistem pelayanan, memaksimalkan kinerja dan membuat terobosan / inovasi dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat secara bersama – sama dan optimal, dengan kesiapan unit kerja satuan dan Fungsi maupun Polsek jajaran Polres Blora pihaknya Optimis bahwa Polres Blora bisa meraih predikat Zona Integritas

“Disinilah tantangannya, bagaimana Polres Blora dan jajaran bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Jelas syaratnya, jelas waktunya, dan kalau ada biayanya juga jelas, sehingga ada kepastian,” jelas Kapolres Blora.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password