Begini Serunya, Family Gatering Polres Blora Di Goa Terawang

Lebih lebih 300 polisi dari Polres Blora, Minggu (11/2) kemarin pagi, menyebar di kompleks wana wisata Gua Terawang untuk mengkuti program outbond menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Serta guna menjalin suasana keakraban antar anggota dan keluarganya.

Kegiatan yang dimpimpin Kapolres Blora AKBP Saptono S.I.K, M.H, adalah program untuk mengasah mental, fisik dan kekompakan. Sejumlah instruktur dari Perum Perhutani KPH Blora, ikut aktif membantu kelancaran program di tengah hutan jati itu. “Kami juga ajak keluarga, anak, dan istri, tujuannya untuk lebih mempererat kekeluargaan antar anggota,” ungkap AKBP Saptono.

Menurut mantan Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung (Babel), outbound seperti ini perlu diberikan kepada anggota, karena selain meningkatkan kekompakan (team work), dan soliditas, juga penciptaan suasana refresing dari kepenatan tugas sehari-hari.

“Dengan outbound bisa mengambil makna, karena dari berbagai permainan tidak membedakan antara pimpinan dan bawahan yang kita rasakan adalah rasa kebersamaan,” tutur AKBP Saptono.

Dengan mengenakan T-shirt merah marun (atas) dan hitam (bawah), peserta mengikuti aneka kegiatan, antara lain permainan panjat tebing, flying fox,  jelajah dan berbagai permainan untuk program soliditas.

Gelak tawa terdengar nyaring saat permainan dimulai ketika masuk sesi ular-ularan yang dibagi dalam lima kelompok (tim). Goa Terawang adalah object wisata gua alam yang terbentuk didalam batu gamping pegunungan kapur berusia kurang lebih 10 juta tahun. di Lokasi RPH Kedungwungu, BKPH Kalonan KPH Blora.

Bentuk Soliditas

Di sesi ular-ularan ini, seluruh peserta, isteri anak, dan anggota keluarga wajib ikut dalam permainan, mereka harus patuh pada aba-aba instruktur, mulai dari bergandengan, jongkok, jalan melingkar dan tiduran. “Baju jadi kotor, sedikit capek dan berkeringat, tapi sungguh menyenangkan,” ungkap Anti, salah satu Polwan Polres Blora.

Sesi lain, peserta bisa masuk ke Gua Terawang, keliling hutan, dan area wana wisata dengan all terrain vehicle (ATV) atau kendaraan segala medan, sesi yang menarik bagi keluarga/anak-anak.

Kegiatan yang harus diikuti peserta, mulai dri game manajemen, how clever your game yang dimaksudkan untuk pembentukan team building, yakni untuk peningkatan hubungan kerja sama, soliditas, sinergitas,  dan  kekompakan.

“Outbound kami gelar di obyek wisata Gua Terawang milik Perhutani KPH Blora, tujuannya untuk lebih memperkenalkan potensi wisata alam yang luar biasa ini,” tandas Kapolres AKBP Saptono SIK, MH. 

Administratur Perhutani KPH Blora Rukman Supriatna melalui Wakilnya Anthony, menyambut positif kegiatan jajaran Polres di wana wisata yang tengah dikembangkan serius, karena program tersebut jadi nilai plus objek wisata lama Gua Terawang.

“Terima kasih, jajaran Polres menggelar kegiatan di wana wisata Gua Terawang, ini moment bagus, dan lokasi ini siap dimanfaatkan lagi kapanpun,” tandas Anthony.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password