Program Si Jamas Kapolres Blora Sambangi Pos Kamling Mboyang Randublatung

Dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif, tidak cukup hanya dengan kegiatan yang dilakukan oleh Polisi saja melainkan membutuhkan dukungan yang nyata dari masyarakat. Untuk itu, Polres Blora berusaha menjaring partisipasi aktif dari masyarakat dengan program SI JAMAS (Polisi Jagong Kamtibmas). Minggu (07/01/17).

Kegiatan tersebut kemarin hari Jumat (05/01/17) malam Kapolres Blora bersama rombongan menyambangi Pos Kamling Mboyang RT.03/RW.02 Kelurahan/Kecamatan Randublatung, Blora. Kedatangan Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H di Pos kamling yang mendapatkan juara 2 Lomba Pos Kamling tipe C (tipe biasa) tingkat Polres Blora disambut meriah dengan arak-arakan kesenian Barongan warga setempat dan hiburan orgen tunggal.

Hadir dalam Jagong Kamtibmas yakni Lurah Randublatung Ibu Dhanik Yuliarsi, ADM KPH Randublatung Joko Sunarto, Danramil Randublatung Kapten Inf Ribut, Kapolsek Randublatung Slamet S.H dan segenap para tokoh masyarakat, agama serta warga setempat.

Dalam sambutanya lurah Randublatung mengungkapkan terimaksih atas kehadiran Kapolres AKBP Saptono bersama rombongan yang telah menyempatkan hadir untuk menggelar jagong kamtibmas. Dirinya menyebut bahwa sejak tadi masyarakat sangat antusias menunggu kedatangngan Kapolres karena baru pertama sepanjang sejarah Kapolres Blora mau blusukan di kampung-kampung menyapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Terimakasih pak Kapolres bersama rombongan yang telah menyempatkan waktunya datang jagongan mendengarkan aspirasi masyarakat. Semoga kegiatan silaturahmi ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menjaga kamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya,” kata Lurah randublatung Dhanik Yuliarsi.

Kemudian dilanjutkan sambutan Kapolres Blora AKBP Saptono yang intinya menerangkan maksud dan tujuan dari program Si Jamas ini. Bahwa program tersebut dicetuskan sebagai bentuk apresiasi kepada warga yang telah aktif dalam kegiatan Pos Kamling membantu Kepolisian dalam memelihara kamtibmas.

“Kami menyadari betapa besar peran masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif maka kami menjadikan masyarakat bukan hanya sebagai obyek kamtibmas. Namun juga sebagai subyek yang turut menciptakan situasi kamtibmas terutama dilingkungan tempat tinggalnya”, ujar Kapolres Blora SKBP Saptono.

Kapolres juga memberikan himbauan tentang situasi politik jelang Pilkada Jateng tahun 2018 pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Diharapkan masyarakat tidak mudah terprovokasi dan dimobilisasai oleh pihak-pihak yang menghembusksan issue negative apalagi issue SARA yang sangat sensitive dan dapat merusak kerukungan antar agama dan masyarakat.

Ditambahkan olehnya tentang bahaya peredaran dan penyalah gunaan narkoba yang semakin merajalela di Kabupaten Blora. terbukti baru diminggu pertama awal tahun 2018 Sat Res Narkoba Polres Blora telah menangkap 2 tersangka narkoba dengan jaringan dan modus yang berbeda.

“Saya minta masyarakat hati-hati akan peredaran narkoba, selain ada ancaman pidananya narkoba bukan hanya merusak kesehatan akan tetapi juga merusak masa depan generasi muda,” tegas Kapolres.

Usai sambutan dan arahan dari Kapolres Blora dilajutkan dengan sesi tanya jawab oleh warga kepada Kapolres. Suasana akrab dan canda tawa pun terjalin seolah-oleh masyarakat merasa nyaman akan kehadiran AKBP Saptono yang notabennya berkepribadaian merakyat tanpa melihat satatus sosial.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password