Polres Blora Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Dimulainya Operasi Lilin Candi 2017

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, jajaran Polres Blora bersama instansi samping dan lintas sektoral, pada Kamis (21/12/2017) siang, bertempat di Aula Arryya Guna Polres Blora, digelar rakor (rapat koordinasi) dalam rangka kesiapan pengamanan Operasi Lilin Candi Tahun 2017.

Rakor dipimpin oleh Wakapolres Blora Kompol Indriyanto Dian P. S.H, didampingi Kabag Ops Kompol Zuwono S.E dan dihadiri para Kabag, Kasat, Kapolsek, anggota perwakilan TNI Kodim 0721/Blora, Ketua FKUB Kab. Blora, para pendeta, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Kab. Blora, Kepala Stasiun Cepu dan Randublatung, Blora.

Dalam sambutannya, Wakapolres Blora menyampaikan bahwa rakor lintas sektoral ini dilaksanakan sebagai langkah awal persiapan Operasi Lilin Candi 2017 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Sehingga dengan adanya rakor tersebut, dapat terjalin koordinasi yang baik dan sinergi antara pihak Kepolisian dengan instansi terkait sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

“Rakor Operasi Lilin Candi 2017 merupakan operasi Kemanusiaan skala nasional untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2018. Dengan rakor ini marilah kita tingkatkan kerjasama yang baik antara semua instansi dengan Polri,” terang Kompol Indriyanto.

Terkait dengan terorisme dan permasalahan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang semakin beragam dan untuk sukseskan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Wakapolres meminta peran serta masyarakat untuk mendukung terwujudnya kondisi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Blora.

“Kami harap tokoh agama dan tokoh masyarakat secara aktif memberikan informasi kepada kami terkait kondisi Kamtibmas yang terjadi di wilayah. Karena keamanan wilayah Blora merupakan tanggungjawab bersama tidak hanya dari pihak Polri saja,” ujar Wakapolres

Setelah sambutan Wakapolres dilanjutkan paparan Kabag Ops Kompol Zuwono, lebih rinci memaparkan data tempat-tempat ibadah gereja, tempat wisata dan lokasi pos pengamanan dan Pos Pelayanan yang nantinya akan ditempatkan personil gabungan Polri, TNI dan Instansi terkait.

“Operasi Lilin candi 2017 ini direncanakan berlangsung selama 10 hari dimulai tanggal 22 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Sebanyak 3 Pos Pengamanan dan 2 Pos Pelayanan sudah siap digunakan untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru,” ujar Kabag Ops Kompol Zuwono.

Kabag Ops menyampaikan bahwa, sosialisasi tentang terorisme bukan memberikan rasa takut kepada masyarakat, tetapi untuk memberikan bekal deteksi dini kepada masyarakat.

“Kerjasama yang baik antara masyarakat dengan Kepolisian harus ditingkatkan untuk mencegah perkembangan paham radikal agar tidak meluas,” kata Kompol Zuwono.

Diakhir acara tersebut, Wakapolres Blora mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama – sama mewujudkan sistkamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pada saat dan setelah perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, sehingga sitkamtibmas merupakan tanggung jawab kita bersama dan menciptakan suasana kerukunan umat beragama di Kabupaten Blora.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password