Tolak Disuap Pelanggar, Aipda Christianto Anggota Sat Lantas Polres Blora Patut Diacungi Jempol

Sikap kejujuran merupakan sebuah sifat kesesuaian antara hati maupun perkataan, yang semua sesuai antara informasi dan kenyataan, kejujuran merupakan ketegasan dan kemantapan hati mengatakan sesuatu yang baik atau yang tidak, tanpa dicampuri dengan kedustaan atau kebohongan.

Kutipan diatas tersebut tercermin dari sebuah sikap atau pilihan hidup yang diambil oleh salah seorang anggota Polisi Satlantas Polres Blora, Aipda Christianto yang dengan tegas menolak uang suap ketika diberikan oleh beberapa pelanggar dalam operasi penindakan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Blora, pada Minggu (3/12) kemarin.

Operasi yang digelar di simpang tiga Jl. Sumodarsono Kecamatan Blora kota kemarin, awal mula peristiwa tersebut terjadi. Beberapa pelanggar yang terjaring dalam operasi rutin tersebut dengan terang-terangan berusaha untuk mencoba menyuap petugas dengan menyelipkan sejumlah uang didalam STNK kendaraan bermotor.

“Anda menyuap saya? anda berusaha mau menyuap saya ya pak? ini uang apa? kalau anda berusaha menyuap saya, anda sekarang akan saya bawa ke kantor Polisi,” ujar Aipda Christiono dengan tegas menolak uang dari salah satu warga yang terjaring operasi saat dikonfirmasi polresblora.com, Senin (04/12/17).

Tak pelak keributan pun terjadi, adu mulut antara anggota Satlantas dengan warga tak terelakkan. Tak selang berapa lama, datang seorang warga yang terjaring operasi, lagi-lagi warga tersebut berusaha mencoba menyuap anggota dengan dalih mengajak “damai”.

“Diterima saja lah pak, saya ini sedang tergesa-gesa. Saya tidak mau tanda tangan disurat tilang ini, tolong bapak mengerti saya,” ujar salah satu warga yang terjaring razia itu.

Ketegasan dan keteguhan hati Aipda Crhistiono untuk menolak uang suap, kembali ditunjukkan dengan mencoba menasehati para warga yang terjaring pada operasi yang digelar Satlantas Polres Blora.

Secara terpisah, Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H, melalui Kasatlantas Polres Blora, AKP Febriyani Aer, S.I.K, M.H, mengatakan peristiwa yang dialami oleh anggotanya tersebut, semoga bisa menjadi contoh teladan bagi para anggota yang lain.

“Kami juga tidak pernah bosan-bosannya untuk memberikan arahan kepada anggota agar tidak melakukan pungli sekecil apapun karena tidak dibenarkan sama sekali, baik dari yang menyuap maupun yang disuap akan terkena sanksi,” ungkap Srikandi Satlantas Polres Blora.

AKP. Febriyani kembali mengatakan, setiap hari Sat Lantas Polres Blora melakukan giat Gawasdak (penjagaan, pengawasan dan penindakan) terhadap pelanggaran lalu lintas. Langkah ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat, agar tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan bersama.

“Artinya pelanggar yang terlihat oleh petugas di lapangan secara kasat mata seperti; dengan tidak memakai helm, tidak menyalakan lampu kendaraan disiang hari, kemudian melawan arus, melanggar marka rambu lalu lintas, maka akan langsung diberikan penindakan berupa tilang,” pungkasnya.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password