Persiapan Jelang Pilkada 2018 Mendatang, Sat Sabhara Polres Blora Giat Berlatih Beladiri

Seperti diketahui kemampuan beladiri harus wajib dimiliki oleh setiap anggota Polri. Tak tersecuali para personil Sat Sabhara Polres Blora, salah satu kegiatan yang secara berkala dilaksanakan adalah pelaksanaan latihan beladiri. Pelatihan beladiri tersebut dilaksanakan usai apel pagi di lapangan hitam Mapolres Blora, dengan mengundang instruktur dari perguruan silat Merpati Putih. Senin (04/12)

Tidak cuma berkonsentrasi memberikan pelayanan, anggota Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat juga tetap mengedepankan kesehatan fisik maupun mental dalam melaksanakan tugas. Karenanya kegiatan beladiri ini juga bertujuan untuk membekali anggota dalam menjalankan tugas terlebih kedepan jelang Pilkada Gubernur Jawa Tengah.

Hal tersebut guna mengantisipasi tindak kriminal maupun kerusuhan dengan ekskalasi tinggi. Tak hanya itu, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat maupun melindungi diri sendiri dari aksi pelaku penyerangan yang menjadikan personel Polri sebagai sasaran.

Usai melaksanakan apel fungsi, anggota Sat Sabhara Polres Blora yang dipimpin oleh KBO Iptu Kusnio melaksanakan pelatihan bela diri tenaga dalam Merpati Putih. Seperti biasa sebelum mulai, didahului dengan streaching terlebih dahulu selama lima belas menit. selanjutnya seluruh personil Sabhara diajak untuk melakukan latihan pernapasan dan pengendalian emosi dilanjutkan dengan kegiatan latihan beladiri.

Peningkatan kemampuan bela diri ini untuk meningkatkan kemampuan personel dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Dengan semangat latihan ini bisa meningkatkan fisik sehingga dalam menghadapi Pilkada nantinya anggota dapat lebih profesional tidak mudah sakit dan lelah.

“Latihan ini kita laksanakan rutin sekali dalam sepekan serta lebih diperketat untuk memantapkan persiapan anggota dalam melaksanakan pengamanan rangkaian Pilkada Gubernur 2018 mendatang,” kata Kasat Sabhara Polres Blora AKP Siswanto melaui KBO Sabhara, Iptu Kusnio.

Masih menurut Kusnio, dengan peningkatan latihan beladiri ini, nantinya personel yang bertugas di lapangan akan lebih terlatih lagi baik kemampuan maupun emosinya dalam menghadapi tindak kriminalitas dan kerusuhan dengan ekskalasi tinggi.

“Sehingga apa bila terjadi gangguan dari pihak-pihak yang tidak diinginkan, anggota Sat Sabhara Polres Blora sudah siap untuk menghadapinya,” kata Iptu Kusnio.

Sementara Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengatakan bahwa sebagai pasukan pemukul utama Polres Blora setiap anggota Sabhara wajib mempunyai kemampuan beladiri yang memadai, untuk itu latihan secara berkala selalu dilaksanakan. Disamping untuk diri sendiri, kemampuan tersebut juga untuk melindungi dan memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat. Bahkan dengan adanya ancaman nyata dari pelaku aksi teror, kemampuan beladiri personil Polres Blora harus makin ditingkatkan.

”Kemampuan Bela diri yang profesional sangatlah penting, karena melihat tugas Polri dan juga ancaman yang semakin komplek, oleh karenanya, setiap anggota wajib memiliki kemampuan bela diri,” tandas AKBP Saptono.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password