Potret Brigadir Sumarsono Bhabinkamtibmas Polsek Kradenan Polres Blora Yang Peduli Pendidikan Anak

tak banyak yang tau ternyata Brigadir Sumarsno pria sederhana yang berprofesi sebagai polisi ini, kesehariannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora. Tak banyak orang tahu bahwa Brigadir Sumarsono memfasilitasi puluhan anak di Desa tersebut untuk belajar bersama dirumahnya.

Atas inisiatif sendiri dikarenakan kepeduliannya terhadap pendidikan anak, dirinya memberikan fasilitas tempat belajar bagi anak-anak tersebut agar dapat belajar dengan nyaman dan tenang. Dengan sarana prasarana seadaya yakni sebuah white board, Brigadir Sumarsono bersama istri serta saudaranya mengajarkan baca tulis dan pengetahuan umum kepada puluhan anak yang belajar dirumahnya.

“Kalau masalah tempat, saya tidak mau membebankan kepada siapa-siapa karena anak-anak juga senang meskipun dengan kondisi rumah ala kadarnya,” kata Sumarsono.

Awalnya, kata Brigadir Sumarsono, dia prihatin melihat anak-anak hanya bermain saat waktu senggang. Dia kemudian memprakarsai kegiatan belajar-mengajar bagi anak-anak itu. Dia mengajak sodaranya yang kebetulan seorang guru untuk memberikan materi pelajaran gratis serta menyediakan rumahnya sebagai kegiatan kelompok belajar.

“Mulanya memang hanya beberapa anak tetangga saja yang belajar. Namun lama-kelamaaan banyak anak yang berminat belajar di sini. Akhirnya sekarang sudah ada empat belas murid, yang rutin setiap hari datang,” katanya Brigadir Sumarsono Minggu (03/12/17) malam.

Kegiatan belajar dan mengajar dijadwalkan dua waktu selama Senin sampai Jumat, yakni pukul 19.00 WIB sampai 20.30 WIB. Biarpun latar belakang sebagai seorang polisi namun Brigadir Sumarsono selalu meluangkan waktu selepas dinas untuk mengajar anak-anak itu. Baik pelajaran umum maupun pelajaran cinta tanah air diberikannya agar mereka sejak dini tumbuh rasa nasionalisme dan patriotisme supaya tidak mudah terpengaruh oleh ajaran yang negatif.

“Selepas saya berdinas di siang hari, pasti malam saya juga ikut menemani anak-anak belajar mengerjakan PR nya. Namun kalo saya masuk malam, biasanya saya sediakan jajan biar mereka tambah semangat belajarnya.” ujarnya.

“Anak-anak juga harus mengenyam pendidikan sejak dini,” katanya, mengungkapkan alasan mendasar dia rela meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak itu. “Warga yang kurang mampu, kita ajak untuk belajar bersama, setidaknya mereka bisa membaca menulis dan berhitung.” Jelas Brigadir Sumarsono.

Meski tugas utama dan tanggung jawabnya sebagai polisi tidak ringan Brigadir Sumarsono tetap semangat menjalankan perannya sehari-hari. “Senang bisa kumpul sama anak-anak. Walau pun sibuk, tetap disempatkan untuk mengajar,” ujarnya.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password