Jagong Kamtibmas Kapolres Blora Tumbuhkan Citra Positif Dimata Masyarakat

Dalam upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, sudah sewajarnya jika institusi Polri bersinergis dengan segenap komponen masyarakat. Dan sebaliknya, dalam hal ini masyarakat juga sudah seharusnya berperan aktif dalam upaya mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Oleh karena itu diperlukan sebuah pola sinergisitas yang positif antara Polri sebagai ujung tombak kamtibmas bersama masyarakat sebagai kostumer. Mamahami hal itu, salah satu upaya yang di lakukan Polres Blora adalah dengan menjalankan program “Safari Kamtibmas” yang kali ini dilaksanakan di Pos kamling RT 01/02 dukuh Kalirejo, Desa Keser, Kecamatan Tunjungan, Blora.

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K., M.H.,  didampingi pejabat uatama Polres Blora melaksanakan tatap muka dengan tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (toga),  dan tokoh pemuda (toda) desa Keser dalam kegiatan Jagongan Ngobrol bahas Kamtibmas, Kamis (16/11/2017) malam.

Kapolres Blora dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Jagongan Ngobrol bahas Kamtibmas atau jagongan Kamtibmas merupakan istilah dari kegiatan Polres Blora untuk memudahkan masyarakat mengingat kegiatan yang diselenggarakan Polres Blora untuk berperan aktif bersama dalam menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan masyarakat.

“Karena keamanan bukan hanya tanggung jawab Polri saja, ya kalau mau aman kita gugah dan ajak kepada seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga Kamtibmas. Kami punya slogan dalam keadaan suka maupun duka kami ada bersama masyarakat,” kata Kapolres.

Lebih jauh, Kapolres Blora menuturkan Kami berkunjung ke sini untuk memantau keadaan lingkungan. Dalam kesempatan ini kami sekaligus berpesan agar warga tetap waspada munculnya faham radikal, terorisme, peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Termasuk jangan mudah terpengaruh berita hoax yang beredar di medsos, serta harus  selalu mewaspadai tindak kejahatan seperti curat, curas dan curanmor,” pinta Kapolres.

Salah satu konsep kinerja jajarannya melalui peran Bhabinkamtibmas dengan masyarakat. “Bhabinkantibmas saya kedepankan dengan penempelan Stiker ke rumah-rumah karena Bhabinkamtibmas kesehariannya berada di desa binaan dan ditengah-tengah masyarakat yang merupakan ujung tombak Polri dalam mendeteksi dini suatu hal,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres menerangkan bahwa kehadiran Bhabinkamtibmas merupakan solusi untuk memecahkan masalah di desa dengan pola jemput bola. “Kami tidak hanya menunggu laporan dari masyarakat terkait permasyalahan di masyarakat, jadi sebelum permasalahan timbul kami sudah berada di tengah-tengah masyakat untuk meminimalisir permasalahan yang akan timbul,” tandasnya.

“Kehadiran Bhabinkamtibmas ini diharapkan menjadi fasilitator dalam pemecahan masyalah ” sehingga tidak meluas atau menjadi permasalahan yang besar,” imbuhnya.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password