Kabag Ops Polres Blora Hadiri Rapat Sosialisasi Panwas Jelang Pemilukada 2018

Panwaskab Blora menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder terkait, di Hotel Al Madina Blora, Rabu (08/11) kemarin. Rapat tersebut terkait sosialisasi pengawasan Pilgub Jateng 2018 ini diikuti seluruh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Kapolsek jajaran Polres Blora dan Danramil se- Kabupaten Blora.

Hadir dalam rakor tersebut Ketua Panwas Kabupaten Blora Lulus Mariyonan, Kapolres Blora AKBP Saptono diwakili Kabag Ops Kompol Zuwono, dan Danramil Blora Letkol Inf Susilo diwakili Pasiter Kapten Inf Surana.

Dalam agenda tersebut, Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaskab Blora Sugie Rusyono menyampaikan kegiatan ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi terkait peraturan perundang undangan dan kosekuensinya dengan para pengambil kebijakan.

Dalam kegiatan tersebut juga diterangkan terangkan tugas dan fungsi bawaslu adalah melakukan pengawasan pencegahan dan Penindakan serta memutus sengketa proses Pemilu. Pengawasan seluruh tahapan pemilu, mencegah Praktek Politik uang, Mengawasi Netralitas ASN, TNI, Polri, pengawasan pelaksanaan peraturan KPU dan lainnya sesuai dengan UU.No 07 tahun 2017.

Selain itu, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pembentukan Pokja Pengawasan bersama stakeholder pemilu yang meliputi lembaga negara, ormas, LSM Pemantau dan Perguruan Tinggi. Ia juga menyampaikan pentingnya media gathering dalam menekan pelanggaran pemilu pada tahapan maupun sub tahapan.

Mewakili Kapolres Blora, Kompol Zuwono Kabag Ops Polres Blora menjelaskan dalam paparnya tentang Peran Polri dalam Pemilu di Kab Blora. Penanganan Masalah Pemilu di lapangan jangan sampai tidak bisa diselesaikan karena ketidakmampuan anggota Panwaslu. Polri bersikap Netral dalam pemilu/Pilkada.

Penyelenggaraan Fungsi Kepolisian yang meliputi Harkamtimas, Gakkum, Perlindungan, Pengayoman, Pelayanan kepada Masyarakat. Polri memiliki tujuan yg sama yaitu menjadikan Pemilu yang sukses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Polri memiliki kewenangan tindakan hukum apabila ada pelanggaran dalam Pemilu/Pilkada.

“Kepolisian Polres Blora siap mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada tahun 2018 Jawa Tengah. Dalam pemilu atau pemilukada Polri bersikap netral, prifesional, akuntabilitas dan berimbang dalam penegakan hukum,” ujar Kompol Zuwono

Mewakili Dandim Blora, Kapten Inf Surana menegaskan pihaknya akan mendukung terciptanya situasi kondusif pada pesta demokrasi ini.

“Secara perorangan maupun istitutif, prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan apapun dalam pemilu di luar tugas dan fungsi TNI. Hal ini telah diatur dalam UU nomor 34 tahun 2004 tentang Amanah Reformasi Internal TNI yang mengharuskan setiap anggota bersikap netral dalam kegiatan politik dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis,” tegas Kapten Inf Surana.

Dilanjutkan dengan tanya jawab dan acara telah selesai pada pukul 12.00 WIB dan berjalan dengan aman dan kondusif.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password