Saat Gelar Razia Operasi Zebra, Sat Lantas Polres Blora Juga Bagikan Helm Gratis

Polres Blora, Jawa Tengah, dalam kegiatan Operasi Zebra Candi 2017 sekaligus menyosialisasikan budaya tertib berkendara dengan membagikan puluhan helm kepada masyarakat secara gratis di Jln. Raya Blora- Randublatung tepatnya di Kelurahan Kamolan Jembatan Gabus, Blora, Minggu (05/11/17).

Tampak suasana berbeda di sela-sela kegiatan razia, para petugas memilih pengendara yang taat dan tertib berlalu lintas. Dengan memberikan kuis yang di sampaikan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Blora Ipda Yoga, jika berhasil menjawab akan mendapat hadiah helm gratis.

“Disamping menggelar razia Ops Zebra Candi 2017, pembagian Helm SNI ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masalah-masalah keselamatan berlalu lintas dan membangun budaya tertib lalu lintas di masyarakat,” kata AKP Febriyani Aer, S.I.K, M.H Kasat Lantas Polres Blora.

Kegiatan tersebut, sontak membuat ratusan pengendara yang melintas terheran ada kegiatan kuis yang berhadiah helm gratis dari Polisi. Mereka yang deg-degan karena ada razia kendaraan, sontak langsung memenuhi sumber suara untuk turut mengikuti kuis agar mendapatkan helm.

Sembari menyematkan helm untuk masyarakat, Kasat Lantas AKP Febby terlebih dahulu menyampaian pentingnya menggunakan helm serta sosialisasi tertib berlalu lintas, kemudian membagikan helm bagi para pengemudi yang telah tertib dan menjawab kuis dengan benar.

“Tujuannya, kita berusaha menarik simpati pengguna jalan, supaya tertib berlalu lintas. Yang utama, untuk menekan angka kecelakaan. Karena selama ini, angka kecelakaan di Blora cukup tinggi,” katanya.

AKP Febriyani menambahkan menentukan sukses atau tidaknya Ops Zebra Candi 2017 sekaligus upaya menekan angka kematian akibat lakalantas menurutnya bukan dari sisi penurunan angka kecelakaan, tetapi peningkatan kesadaran masyarakat terkait aturan dan tata tertib berkendara.

Kasat Lantas Polres Blora meminta masyarakat untuk berkendara sesuai dengan aturan dan tata tertib. “Manfaatnya bukan bagi polisi, tetapi bagi keselamatan jiwa pengendara sendiri dan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Sementara menurut salah satu pengendara perempuan yang terjaring razia sangat senang karena bisa membantu tugas kepolisian. “Senang bisa membantu dalam tugas kepolisian, dengan tertib berkendara dan berlalu lintas,” ucapnya.

Terkait pemberian apresiasi, salah satu pengendara motor yang mendapatkan apresiasi tersebut mengaku senang dan berharap agar petugas kepolisian terus berjalan untuk kedepannya. “Ya saya senang, saya dapet helm karena tertib berlalu lintas. Semoga ini bisa terus berjalan,” kata dia.

Sedangkan bagi pengendara yang tidak tertib petugas bertindak tegas dengan langsung memberikan surat tilang. “Tentu ada reword dan panisment yang kita berikan untuk pengguna jalan yang tertib berlalu lintas,” tutup Kast Lantas.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password