shadow

Tetap Jaga Kebugaran Dan Penunjang Tugas Kepolisian Yang Maksimal, Ratusan Anggota Polres Blora Ikuti TKJ

Ratusan personil Polres Blora terlihat begitu antusias saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di lapangan Stadion Kridosono, Kabupaten Blora, Kamis (14/09/17).

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H selaku pimpinan juga turut melaksanakan kegiatan TKJ tersebut sebagai sarana menjaga kebugaran tubuh juga untuk menyemangati para anggota dilapangan.

Kapolres mengatakan tujuan dilaksanakannya TKJ adalah untuk mengukur dan mengetahui stamina serta kesamaptaan para personil Polri dan ASN Polri guna menunjang performance dalam pelaksanaan tugas Kepolisian sehari-hari.

“Saya melihat antusias anggota cukup tinggi, dengan banyaknya peserta yang hadir untuk mengikuti TKJ. Ini (TKJ) merupakan kegiatan rutin, yang diadakan dua kali dalam setahun,” ujar Kapolres AKBP Saptono saat mengikuti pelaksanaan TKJ, di lapangan Stadion Kridosono Blora.

Ia berujar, apabila anggota dinyatakan lulus TKJ, maka bisa dipastikan kondisi fisiknya dalam keadaan sehat dan bisa bekerja dengan maksimal. Sehingga dapat ditempatkan di mana saja dalam bertugas.

“Diharapkan dengan TKJ ini anggota bisa memiliki badan yang profesional. Karena polisi dianjurkan untuk tidak memiliki badan yang gendut,” terangnya.

Sementara itu Kabag Sumda Kompol Rubiyanto menambahkan bahwa TKJ rutin setiap enam bulan seklai wajib dilakukan guna mengevaluasi kemampuan fisik dan kesehatan personil Polri dan ASN.

Sebelum personil melaksanakan TKJ, mereka harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim Dokkes untuk mengetahui kesehatan masing-masing personil.”, ucap Kompol Rubiyanto.

Kabag Sumda menambahkan ada lima item dalam TKJ ini yaitu meliputi lari mengelilingi lapangan selama 12 menit, push up, pull up, sit up dan shuttle run.

Dalam tes tersebut disiapkan tim jasmani untuk memantau dan memberikan penilaian terhadap masing-masing peserta yang disesuikan dengan usia.

Ada lima kategori usia, yakni 18-20 tahun, 20-30 tahun, 30-40 tahun, 40-50 tahun, dan 50 tahun ke atas.

“Tes yang dijalani peserta diantaranya lari selama 12 menit untuk yang berusia 50 tahun ke bawah. Sementara untuk yang berusia 50 tahun ke atas hanya berjalan selama 20 menit. Selain itu juga ada pull up, sit up, push up, dan shuttle run, yang disesuaiakan usianya” jelasnya.

Pelaksanaan TKJ  digelar dalam tiga gelombang, yakni dari hari Selasa, Rabu dan trakhir hari Kamis ini.

Maksud dari pengaturan jadwal yang dibagi menjadi tiga gelombang ini supaya tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan masyarakat dari tiap anggota yang bertugas di masing–masing satuan fungsi ataupun anggota yang bertugas di Polsek jajaran Polres Blora.

Bagi anggota yang berhalangan hadir untuk mengikuti TKJ, maka akan dijadwalkan hari khusus. Lantaran semua anggota wajib menjalani TKJ.

 ”Kami berharap adanya kegiatan ini semakin membuat para anggota kompak dan terjaga kondisi fisiknya, sehingga masyarakat akan semakin puas dengan pelayanan kepolisian,” pungkas Kabag Sumda Polres Blora.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *