shadow

Kapolres Blora Perintahkan Bhabinkamtibmas Lakukan Pengawasan Pendistribusian Raskin

Raskin merupakan program dari Pemerintah yang diberikan kepada rakyat kategori miskin dengan kriteria tertentu dan membayar beras tersebut dengan harga di bawah harga pasar.

Raskin dikelola oleh Bulog bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini aparat Kecamatan dan Desa. Distribusi dilakukan oleh aparat desa dan rakyat membayar kepada aparat desa tersebut. Hal ini lah yang sebagai dasar para anggota Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Blora ditugaskan untuk melakukan pemantauan agar raskin sampai ke tangan masyarakat yang berhak menerimanya.

“Selama proses penyaluran, petugas dalam hal ini angota Bhabinkamtibmas untuk selalu melakukan pantauan supaya tidak ada penyelewengan.” Ujar Kapolres Blora AKBP Saptono, Kamis (07/09/17).

Kapolres menjelaskan bahwa salah satu fungsi Kepolisian yang dilaksanakan adalah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap distribusi bantuan.

Kehadiran Anggota Polri sangat penting, mengingat selama ini ada saja cerita tentang penyelewengan Beras Raskin yang tidak disalurkan kepada warga yang tidak berhak.

Seperti, beras malah dijual kepada tengkulak, dan sebagainya dengan berbagai alasan. Diharapkan dengan kehadiran anggota Bhabinkamtibmas ditiap-tiap desa proses penyaluran Raskin tepat sasaran dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

Pendistribusian Raskin diwilayah Desa se-Kabupaten Blora untuk sementara baru datang dan langsung di simpan di Balai desa. Untuk kemudian di salurkan ke masyarakat yang wajib menerimanya.

“Pengawasan pendistribusian raskin dilakukan baik dari Bhabinkamtibmas Polri dan Bhabinsa TNI dengan melibatkan masyarakat setempat,” terang Kapolres.

Pasalnya, pemantauan penyaluran Raskin tersebut juga masuk dalam agenda giat sambang desa binaan Bhabinkamtibmas serta sebagai bentuk monitoring apakah program pemerintah telah sampai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa.

Salah seorang warga yang berhak menerima raskin itu merasa senang ada polisi yang ikut ambil bagian mengawasi penyimpanan di gudang dan pada saat membagikan keapada warga.

Ia berharap, setiap jatah raskin datang, pak Polisi agar ikut mengawasi agar tidak ada kecurangan oleh petugas yang membagikan.

“Senang sekali ada polisi yang turut mengawasi penditribusian raskin. Dengan adanya polisi panitia pendistribusian raskin pasti akan takut jika ingin berbuat curang,” kata warga sambil tersenyum.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *