AKBP Saptono Ajak Warga Blora Gelar Doa Bersama Dan Galang Dana, Ketimbang Ikut Aksi Solidaritas Ronghingnya Di Borobudur

Kapolres Blora, AKBP Saptono, S.I.K, M.H meminta kepada seluruh masyarakat dan organisasi masyarakat di Kabupaten Blaora untuk tidak nekat mengikuti aksi damai Solidaritas bela ronghingnya di kawasan Candi Borobudur hari jumat besok.

Ajakan itu sendiri dilakukan menyusul tidak diberikannya izin Kapolri terkait diadakannya aksi bela Rohingya sebagai reaksi atas konflik yang terjadi di Myanmar.

“Saya hanya mengajak agar masyarakat tidak usah kesana, di Magelang kan juga tidak dikeluarkan surat izin pemberitahuan kegiatan. Selain itu, kita hanya ingin berusaha menghindari terjadinya suatu gesekan saja,” ujar AKBP Saptono, Kamis, (07/9/2017) siang.

Meski sebelumnya Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian secara tegas sudah melarang adanya aksi tersebut dilakukan di Candi Borobudur, namun ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa aksi akan tetap dilakukan hanya saja tidak di lingkungan candi. Melainkan disebuah Masjid yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur.

“Di masjid Al IStiqomah Polres Blora juga akan menggelar doa bersama dan penggalangan dana pada usai solat jumat besok. Nah lebih baik seluruh elemen masyarakat mengikuti kegiatan ini. Kita sibuk mengurusi internal kita saja, tidak usah kesana. Akan lebih bermanfaat apabila bentuk kepedulian kita dilakukan disini, doa dan penggalangan dana,” kata Kapolres.

Menurutnya, keramaian seperti aksi solidaritas sebaiknya tidak dilakukan di objek vital. Apalagi, Candi Borobudur merupakan situs bersejarah yang ramai dikunjungi turis internasional. Kapolres Blora juga menyampaikan, praktik diskriminasi dan genosida yang dialami etnis Rohingya di Myanmar bukan berasal dari konflik antar Suku Agama Ras danAntargolongan (SARA), sehingga pihaknya menghimbau untuk masyarkat tidak mengkaitkan-kaitkan dengan agama. Hal ini dikhawatirkan akan semakin memperkeruh keadaan.

“Ini kan permasalahan negara lain. Tentu akan lebih bijak biar pemerintah saja yang menyelesaikan. Mentri Luar Negeri Indonesia juga sudah ditugaskan ke sana untuk membuka jalur diplomasi,” terangnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini, Polres Blora masih belum menerima laporan terkait aksi-aksi solidaritas Rohingya di Blora. Pihaknya akan terus memantau perkembangan tentang aksi tersebut.

“Belum ada informasi kemungkinan hal itu, tapi kita mengajak masyarakat agar tidak usah kemana-mana. Belum tentu juga kita disana nanti punya peran,” pungkasnya.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password