Unik, Rombongan Purna Bhakti Polri Polres Blora Diarak Dokar Keliling Kota

Usai menggelar Upacara Wisuda Purna Bakti kepada 22 personel  Polres Blora yang memasuki masa pensiun, Kepolisian Resor Blora, Polda Jateng memiliki cara unik melepas tugaskan Polisi yang telah pensiun. Seluruh perwira dan anggota Polres Blora diminta untuk bersama mengarak keliling kota para wisudawan Polri dengan menaiki delman/andong, Rabu (23/8/17) sore.

Kegiatan unik ini dilakukan jajaran Polres Blora dalam upacara pelepasan 22 anggota Polri yang memasuki masa pension agar terlihat beda dengan yang lain. Semua wisudawan 22 anggota bersama istri ikut mengendarai delaman diarak keliling kota Blora.

Seluruh personil Polres Blora telah bersiap dan berjajar di sepanjang halaman Mapolres hingga mengular keluar jalan raya yang dipimpin langsung Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H didampingi Waka Polres Kompol Indriyanto, S.H.

Selanjutnya para polisi yang telah pensiun menaiki delman/andong yang telah disiapkan di halaman Mapolres. Bersama istri mereka, para purnawirawan ini naik ke atas delaman yang dikemudikan para anggota Polres Blora. Sedangkan Kapolres dan Waka Polres naik di atas traktor yang telah dihiasi burung garuda.

Secara perlahan deretan andong/delman itu berjalan diiringi lambaian tangan seluruh personil yang berdiri di sepanjang jalan dan taburan bunga melati oleh seluruh anggota yang berjajar. Tampak, rasa haru dari anggota yang pensiun maupun personel yang mengantarkan mantan rekan dinasnya tersebut meninggalkan Mapolres.

Aksi ini sempat membuat riuh suwasana jalan raya, warga masyarakat yang melintas atau pun yang berada di rumah berbondong-bondong melihat arak-arakan Polisi.

Kapolres AKBP Saptono dan Waka Polres Kompol Indriyanto yang berada di atas traktor berhiaskan burung garuda, melambaikan tangan menyapa warga sekitar dengan senyuman hangatnya.

Sementara itu, Kapolres Blora AKBP Saptono menyampaikan purna tugas atau wisuda bagi anggota Polri ini artinya mereka adalah orang yang-orang berhasil melaksanakan tugasnya. Sehingga, perlu adanya kebanggaan bagi mereka saat wisuda ini. “Mereka dulu kan saat dilantik jadi polisi ada upacara, sekarang juga begitu,” kata AKBP Saptono.

“Selain itu, upacara dan kegiatan ini kami laksanakan sebagai bentuk penghormatan dan ucapan terima kasih atas pengabdian mereka selama bertugas menjadi anggota Polri,” pungkasnya.

AKP Suhardi mantan Kapolsek Jiken menuturkan, selama bertugas di kepolisian belum pernah menjumpai penghormatan pensiun seperti ini. Dia merasa tersanjung lantaran pengabdiannya dikenang dengan baik oleh institusi Polri dan rekan-rekannya. “Baru kali ini kami merasakan seperti ini. Tersanjung sekali atas pelepasan masa pensiun kami. Terimakasih Kapolres,” kata Suhardi.

Sementara itu salah satu warga Bangkle Wahyu Yuliantoro mengatakan dirinya sempat kaget ada suara sirine mobil dan motor Patwal dengan mengarak puluhan Polisi mengendarai delman/dokar di jalan raya. Dia mengira Polisi mengadakan acara karnaval sendiri menyambut kemerdekaan RI ke-72.

“saya kira Polisi buat karnaval sendiri pak, eh ternyata sedang mengarak para pensiunan keliling kota, sangat unik dan baru pertama melihat arak-arakan polisi seperti karnaval,” ujarnya samabil tertawa.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password