Cegah Salah Sasaran, Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen Polres Blora Awasi Pembagian Raskin

Untuk menghindari terjadinya penyelewengan pendistribusian raskin kepada masyarakat yang tidak mampu dan yang berhak menerimanya. Menanggapi hal tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen Polres Blora, Desa Berbak Bripka Purwanto mengambil sikap dengan terjun langsung turun tangan memantau pembagian raskin.

Pembagian Beras untuk masyarakat miskin yang biasa disebut Raskin adalah merupakan program pemerintah yang diperuntukkan kepada masyarakat golongan kurang mampu, untuk itu selaku Bhabinkamtibmas  sudah semestinya melakukan pengawasan secara melekat terhadap pembagian raskin dilaksanakan di Desa binaanya guna menghindari terjadinya penyalah gunaan wewenang dan salah sasaran.

“Raskin merupakan program dari Pemerintah yang diberikan kepada rakyat kategori miskin dengan kriteria tertentu. Raskin dikelola oleh Bulog bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini aparat Kecamatan dan Desa. Distribusi dilakukan oleh aparat desa, selama proses penyaluran, petugas selalu melakukan pantauan.” Kata Kapolsek Ngawen AKP Yuliyanto S.H.

Pembagian raskin diwilayah Desa Berbak, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora didistribusikan langsung oleh Kades bersama perangkatnya, pengawasan Bhabinkamtibmas yang dibantu oleh warga yang akan mendapatkan raskin.

Fungsi Kepolisian yang dilaksanakan adalah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap distribusi bantuan. Kehadiran Anggota Polri sangat penting, mengingat selama ini ada saja cerita tentang penyelewengan beras raskin yang disalurkan kepada warga yang tidak berhak. Seperti, beras malah dijual kepada tengkulak, dan sebagainya dengan berbagai alasan.

“Beras raskin itu sendiri diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu dan bertujuan agar penyaluran beras raskin ini tepat sasaran serta mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang mungkin timbul pada saat pembagian beras raskin kepada warga yang berhak. Sehingga pengawalan dan pemantauan dilakukan oleh pihak Kepolisian secara berkesinambungan dapat terlaksana dengan baik.” ujar Kapolsek Ngawen.

“Para Bhabinkamtibmas selalu berusaha untuk melakukan pengawasan dan menghimbau para Kepala Desa dan Kelurahan serta Ketua RT agar dalam penyalurannya benar-benar mempedomani ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam  pendistribusian Raskin ini,“ tambahnya.

Kapolres Blora AKBP Saptono menindaklanjuti intruksi Bupati Blora mengimbau agar pendistribusian raskin tepat sasaran. “Jangan sampai Raskin jadi Rasta (beras merata), yang tidak berhak dan orang yang mampu mendapat jatah juga,” tegasnya.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password