shadow

Kapolres Blora Pimpin Apel Pergerseran Pasukan Jelang Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2017

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H pimpin Apel pergeseran pasukan di halaman Mapolres Blora, Jumat (28/07/2017) siang. Dalam rangka kesiapan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) esok Sabtu 29 Juli 2019 yang serentak dilaksanakan di 27 desa dari 13 Kecamatan di wilayah hukum Polres Blora.

Apel gelar pasukan dihadiri para, Kabag, Kasat, para perwira serta sejumlah Satuan Setingkat Pleton (SST) pasukan Brimob yang diperbantukan dari Pati, Polda Jateng.

Dalam arahannya, Kapolres Blora menyampaikan beberapa poin sebagai pedoman bagi petugas yang melaksanakan pengamanan Pilkades, diantaranya :

  1. Pahami tugas pokok dan tanggung jawab serta fokus pada tujuan pengamanan.
  2. Waspada terhadap setiap perkembangan situasi dan tidak terprovokasi atas adanya ancaman atau gangguan.
  3. Berikan pelayanan terbaik, tunjukkan komitmen moral dan etos kerja.
  4. Optimalkan kegiatan deteksi dini dengan melibatkan segenap komponen masyarakat, sehingga permaslahan sekecil apapun segera diketahui dan segera ditangani agar tidak meluas.
  5. Tidak terlibat dalam politik praktis apapun dan menjaga netralitas dalam pengamanan Pilkades 2017 ini.
  6. Memberikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menentukan pilihannya dalam Pilkades.
  7. Melaksanakan kegiatan pengamanan setiap tahapan pilkades secara proporsional, profesional, akuntabel serta junjung tinggi HAM.
  8. Bahu membahu dan bekerja sama dengan segenap komponen masyarakat dan instansi yang terlibat pengamanan, sekaligus menjaga soliditas dan kekompakkan dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkades agar semua dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Kapolres Blora, AKBP Saptono usai menggelar apel mengatakan, bahwa hari ini merupakan kegiatan pelaksanaan pergeseran pasukan, dalam rangka pengamanan Pilkades serentak 2017 di Kabupaten Blora.

“Hari ini adalah hari terakhir tahapan masa tenang, dan Sabtu besok tanggal 29 Juli 2017 sudah memasuki tahapan pemungutan suara yang memerlukan kesiapan dari pihak jajaran Kepolisian khususnya yang dibantu oleh TNI, Linmas dan Satpol PP serta masyarakat. Di mana tiap TPS ditempatkan sebanyak 6 personil Polri ditambah 4 personil TNI dan 4 personil linmas,” ujar Kapolres kepada polresblora.com.

“Secara strategis dan teknis, Polres Blora telah mengambil langkah awal untuk menjaga kondusifitas jelang pelaksanaan Pilkades. Diantaranya, Polres Blora telah melakukan pemetaan daerah yang dianggap rawan menimbulkan gejolak dalam pelaksanaan Pilkades. Menginventarisir permasalahan dan mencarikan solusi. Pembagian zona di masing-masing desa yang menggelar pemilihan.” Tambah AKBP Saptono.

AKBP Saptono juga mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan penindakan tegas terhadap pelaku yang melakukan praktek kecurangan dan provokasi kerusuhan dalam pelaksanaan pilkades serentak bagi pelaku yang sengaja ingin mengacaukan dan menggangu pelaksanaan Pilkades serentak ini.

Polres Blora sendiri menyiapkan sebanyak 494 Personil ditambah 1 Pleton Brimob untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkades Serentak di seluruh wilayah Kabupaten Blora supaya berjalan aman, lancar dan berkeadilan. Usai apel semua personil langsung menuju daerahnya masing-masing sesuai dengan surat perintah yang telah diturunkan Kapolres Blora.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *