Laksanakan Pengaman Dengan Baik Dan Jaga Netralitas, Tegas Kapolres Blora Saat Pimpin Rapat Lat Pra Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2017

Jelang pelaksanaan Pilkades Serentak tahun2017 di seluruh wilayah Kabupaten Blora yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2017 mendatang. Selang waktu tersebut memang masih cukup lama, akan tetapi pentahapan Pilkades tersebut sudah dimulai pada bulan Mei lalu.

Sebagai langkah persiapan rencana pengamanan Pilkades serentak tahun 2017 Kabupaten Blora. Kemarin hari Rabu, 19 Juli bertempat di Aula Aryyaguna Polres Blora menggelar rapat dalam rangka Latian Pra Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Di Wilayah Hukum Polres Blora, Guna Menjaga Situasi Kamtibmas Tetap Aman dan Kondusif.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kapores Blora AKBP Saptono.S.I.K, .M.H ini dihadiri oleh, Para Kabag, Kasat Fungsi, Para Kapolek Jajaran Polres Blora, dan para Kanit Intelkam Polres dan Polsek jajaran Polres Blora.

Selain untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri khususnya Polres Blora sebelum diterjunkan ke lapangan . dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Blora.

Dalam sambutan dan arahannya Kapolres Blora AKBP Saptono menekankan tentang garis-garis besar rencana pengamanan Pilkades Serentak Kab. Blora tahun 2017. Dengan menjabarkan hasil rakor pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak pada beberapa hari lalu, sesuai kebijakan pimpinan Polri yang tertuang dalam ASTA SIAP.

“Kita saling harus rapatkan barisan berkerjasama untuk mengamankan Pilkades serentak supaya dalam pelaksanaan pilkades tersebut bias berjalan dengan baiki,lancer dan aman.” Ujar AKBP Saptono.

Sebagai upaya menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsunnya Pilkades serentak, Polres Blora bersama instansi terkait lainnya melaksanakan pengamanan dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan preventif yang didukung kegiatan Intelijen, penegakan hukum dan kuratif dalam rangka mengamankan pemilihan Kepala Desa di wilayah Kabupaten Blora.

Sehubungan dengan pelaksanaan pengamanan Pilkades tahun 2017 maka dalam Implementasinya, akan dilakukan penggelaran fungsi-fungsi Kepolisian dilapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat Polres dan Polsek dengan bantuan perkuatan Personil TNI dan Personil Linmas serta Instansi terkait lainnya untuk mengamankan jalannya Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Blora.

Kapolres memerintahkan kepada seluruh Polsek jajaran Polres Blora untuk mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pilkades dengan sebaik-baiknya sampai dengan tahapan pelantikan nantinya, utamanya tahap Pungut dan Hitung Suara di TPS, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif agar memberikan rasa aman kepada masyarakat serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya.

“Saya minta kepada semuanya yang terkait, terutama personil Polri dan panitia Pilkades agar kita bias selaras dan jaga netralitas dalam pemilihan pilkades mendatang,” tegasnya.

Selanjutnya secara teknis Kabag Opss Polres Blora memaparkan tentang rencana Pengamanan Pilkades secara rinci mulai dari kesiapan personel sarana dan prasarana serta perkiraan dukungan anggaran, dan kemungkinan hambatan yang dimungkinkan akan terjadi, termasuk upaya-upaya penanggulangan hambatan.

Kabag Ops Polres Blora menambahkan bahwa dalam waktu dekat Polres Blora akan mengamankan Pilkades serentak se-Kabupaten Blora, untuk 27 Desa yang tersebar di 16 wilayah Kecamatan.

“Antisipasi kerawanan dan perencanaan pengamanan lebih awal ini, semoga akan membuahkan hasil maksimal,” Imbuh Kabag Ops Kompol I Gede Arda.

Menutup Rapat, Kapolres Blora kembali menekankan kepada seluruh anggotanya untuk tidak terlibat dalam Politik Praktis khususnya dalam Pilkades serentak tahun 2017 yang akan digelar tanggal 29 Juli mendatang.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password