Maksimalkan Kekuatan Penuh, Ratusan Personil Polres Blora Amankan Malam Takbiran

Bertempat di halaman Mako Sat Lantas, Kepolisian Resor (Polres) Blora, Sabtu (25/06/17) kemarin sekira pukul 16.30 WIB melaksanakan apel siaga dalam rangka pengamanan malam takbiran sekaligus menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah.

Apel siaga pengamanan malam takbiran dan sambut hari raya Idul Fitri 1 syawal 1438 H, dipimpin langsung Kapolres Blora  AKBP Surisman S.I.K, M.H, yang turut dihadiri Wakapolres , Kompol Indriyanto Dian Purnomo S.H, para Kabag, Kasat, dan Kapolsek Blora kota.

Seperti kota-kota lain di Indonesia, malam lebaran dipastikan ramai oleh gema takbir dimana-mana salah satunya adalah takbir keliling. Pada malam lebaran, jalan kota Blora yang tidak terlalu lebar dipenuhi oleh kendaraan masyarakat yang bersuka cita menyambut hari raya Idul Fitri esok harinya.

 Kepadatan arus lalu lintas meningkat tajam sejak pukul 17.00 WIB. Ratusan kendaraan berjubel melintasi jalanan kota Blora utamanya menuju alun-alun dan pusat perbelanjaan. Bisa dibayangkan jalanan yang padat tersebut masih harus di tambah lagi dengan kendaraan takbir keliling yang menggunakan kendaraan roda empat dengan sound system  besar. Kemacetan akan terjadi dimana -mana. Sebagian orang bahkan mengatakan sudah sewajarnya kota Blora itu macet hanya pada momen hari Lebaran.

Petugas tampak berjaga mengamankan aktivitas masyarakat di malam takbiran. “Sebaiknya masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling di dalam kota,” himbau Kabagops Polres Kompol I Gede Arde, S.E saat ditemui polresblora.com.

Selain soal takbir keliling, kerawanan lain seperti curanmor, curat, copet perkelahian, premanisme dan kecelakaan lalu lintas perlu di antisipasi oleh aparat Kepolisian. Pengamanan malam takbir kali ini, tak kurang dari 500 personel seluruh jajaran kepolisian Resor Blora diturunkan. Mereka telah dibagi dan disebar di tiap titik-titik yang di anggap rawan Pelaksanaan apel siaga malam takbir juga sama dilakukan ditingkat Polsek jajaran.

“Jadi jangan heran jika melihat banyak aparat berjejer dimana-mana. Ini demi keamanan masyarakat juga,” tambah Kompol I Gede Arda.

Selain polisi berseragam lengkap, diturunkan pula polisi tak berseragam dan polisi bersenjatakan lengkap yang ditempatkan pada titik -titik yang diduga kuat akan dimanfaatkan pelaku kejahatan melakukan aksinya.

“Hari ini kami all out  mengamankan malam lebaran. Semua personel dilibatkan, tidak ada cuti atau libur bagi anggota Polri,” terang I Gede Arde.

Tak tanggung-tanggung, Kapolres Blora  AKBP Suriman, SIK, M.H turun langsung untuk memantau situasi di lapangan, kegiatan tersebut diawali dengan Buka bersama di mako Sat Lantas Blora. Kapolres Blora bersama  PJU turun langsung amankan pelaksanaan malam takbiran di wilayah Blora. “Hari ini adalah puncak bulan Ramadhan. Kami pastikan situasi kamtibmas tetap kondusif,” ujar orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resor Blora.

Didampingi pejabat utama dan Kapolres inovatif inipun tak sungkan membantu pengaturan lalu lintas dan menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan meningkatkan pengamanan dan keselamatan diri. Pihaknya juga sempat meninjau petugas yang sedang berjaga di pos pengamanan maupun pos pantau yang disebar di seluruh wilayah Blora.

Kepada petugas jaga, Kapolres memberikan motivasi bahwa bekerja disaat masyarakat lainnya menikmati libur panjang dan berkumpul dengan keluarga dalam suasana Lebaran merupakan ibadah yang akan mendapatkan pahala berlipat di hadapan Tuhan YME.

“Tetap semangat meskipun tidak bisa libur atau bahkan menikmati cuti, kepentingan masyarakat harus diutamakan,” tambahnya

Pangamanan malam takbir kali ini pun berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Sekitar pukul 24.00 WIB, sedikit demi sedikit masyarakat mulai kembali ke rumah masing-masing, mempersiapkan Lebaran esok hari. Untuk pak Polisi masih harus bersabar karena esok hari masih ada tugas menanti. Mengamankan ibadah salat Idul Fitri.

Keluarga besar Polres Blora mengucapkan, selamat hari raya Idul Fitri 1438 H, Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir batin.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password