Tak Bosan Kasat Narkoba Polres Blora Gandeng Instansi Terkain Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba Di Masyarakat

Kasat Narkoba Polres Blora, AKP Soeparlan SH menjadi salah satu narasumber dalam sosialisasi narkoba di Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Sosialisasi dalam rangka sosialisasi pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan  dan peredaran gelap narkotika (P4GN) oleh Kesbangpol Kab. Blora.

Sosialisasi yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Banjarejo dimulai sekira pukul 13.00 WIB sampai selesai ini, dihadiri ratusan peserta dari masyarakat Kec. Banjarejo, Kab. Blora. Rabu (29/03/17).

Hadir selaku tuan rumah Camat Banjarejo, Kapolsek Banjarejo Polres Blora AKP Budiyono, Danramil Banjarejo, Kasat Narkoba Polres Blora AKP Soeparlan, perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Blora Nanik SM, SKM, M.Si dan perwakilan dari BBN Prov. Jawa Tengah Sutriyaningsih, S.Psi.

“Sosialisasi ini lebih menekankan pada peredaran dan bahayanya Narkoba agar diketahui oleh masyarakat.” Kata Kepala Kesbangpol Kab. Blora Bapak Mei Naryomo.

Pengetahuan tentang bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba penting untuk disosialisasikan masyarakat luas. Mereka juga harus diberikan pemahaman bagaimana masyarakat tidak terjerumus dalam lembah hitam narkoba.

Menurut Kasat Narkoba, semua pihak harus bersama-sama melakuan pencegahan peredaran narkoba di tengah lingkungan masyarakat. Jika tidak ditanggulangi sejak dini, pengaruh narkoba berbahaya dan mempengaruhi masa depan bangsa.

“warga masyarakat pedesaan yang notabennya penghasilannya pas-pasan merupakan sasaran yang empuk bagi peredaran narkoba, karena bisnis narkoba ini sangat menjanjikan keuntungan yang besar.” Kata AKP Soeparlan.

Menurut dia, penyelenggaraan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba bagi masyarakat khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan ini merupakan salah satu upaya dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Perang terhadap narkoba perlu terus dikukan, ini karena masalah narkoba merupakan ancaman serius bagi seluruh warga masyarakat, karena narkoba sudah merambah keseluruh penjuru wilayah Kota Blora, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan, dari perguruan tinggi hingga MI/SD, dari masyarakat biasa hingga kalangan pejabat,” katanya.

Kasat Narkoba Polres Blora mengatakan, masyarakat harus berani mengatakan “tidak”, termasuk tidak coba-coba dengan narkoba.

“Melalui penyuluhan ini diharapkan Masyarakat di Kec. Banjarejo, Kab. Blora untuk memiliki pengetahuan yang benar tentang narkoba dan bahayanya. Dengan harapan semua mastyarakat dapat lebih waspada untuk tidak terjebak dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba” katanya.

Kasat Narkoba mengatakan, masyarakat juga harus lebih aktif untuk sejak dini mengetahui bahaya narkoba baik melalui penyuluhan maupun dengan membaca-baca referensi tentang bahayanya.

“Banyak faktor yang menjadi penyebab peredaran dan penyalahgunaan narkoba, yakni adalah faktor ekonomi, masyarakat yang tergiur dengan keuntungan yang besar dan mudah mendapatan uang sangat rentang menjadi kurir peredaran narkoba. Dan sedangkan factor pengguna narkoba yaitu diantaranya adalah rasa keingintahuan yang besar untuk mencoba, untuk bersenang-senang serta untuk bisa diterima dalam satu komunitas, faktor lingkungan, yaitu diantaranya keluarga yang bermasalah, pergaulan yang salam maupun kurangnya aktifitas/menganggur. Yang terakhir adalah faktor ketersediaan narkoba di lingkungan sekitar. Saat ini akses untuk memperoleh narkoba semakin mudah dengan jenis dan harga narkoba yang sangat beragam. Terlebih lagi masih banyak laboratorium gelap produsen narkoba yang belum terungkap. Faktor-faktor tersebut yang harus diwaspadai,”papar AKP Suparlan saat memberikan materi.

Ditambahkan, dampak narkoba. jenis apapun, sangat merusak kesehatan dan mengancam nyawa penggunanya.

“Jika melihat ada pengguna atau pengedat narkoba, saya minta segera melaporkan ke Pihak Kepolisian untuk ditindak lanjuti dan di proses menurut hukum yang berlaku,”pinta AKP Soeparlan.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password