shadow

Rumah Dinas Perhutani Kosong Disatroni Maling

Hari Kamis lalu tanggal 24 Februari 2017, Polisi hutan (Polhut) Perum Perhutani KPH Randublatung bersama anggota Polsek Randublatung Polres Blora menangkap seorang dari 4 (empat) pelaku pencuri kayu jati saat beraksi dengan membongkar papan kayu jati di rumah dinas perhutani yang tidak berpenghuni.

Anggota Polhut KPH Randublatung, bernama Trijono (50) mengetahui adanya informasi aksi pelaku mencuri papan kayu jati di rumah dinas perhutani yang kosong tersebut. Kemudian Trijono melaporkan kejadian pencurian itu ke Danru Polmob Perhutani Handoko (39) dan Susanto (28) langsung kemudian melaporkan ke Polsek Randublatung Polres Blora untuk bersama-sama mengrebek aksi pencurian kayu dirumah dinas Perhutani tersebut.

Kapolsek Randublatung AKP Selamet R, SH mengungkapkan, selain mengamankan pelaku  dan sangat disayangkan pelaku lainnya berhasil meloloskan diri, Tersangka yang di tangkap bernama Radin Bin Damin (42) warga Dk. Pilangbangau, Kelurahan Wulung, Kec. Randublatung, Kab. Blora,  pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa 18 batang kayu jati ukuran (200x25x4), 13 batang (200x29x4), 2 batang (110x25x4) dan sebuah Handphone yang belum sepat di bawanya.

Dari pengakuan pelaku Radin, dia mencuri nekat ikut mencuri, karena terdesak kebutuhan ekonomi. “Saya terpaksa melakukannya karena faktor ekonomi, terdesak kebutuhan sekolah anak, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan untuk membayar utang”. Katanya.

Untuk saat ini pelaku bersama barang bukti diamankan petugas di Kantor Polsek Randublatung untuk dilakukan pemeriksaaan dan pengembangan kasus lebih lanjut untuk mengungkap siapa saja komplotannya dalam melakukan aksi pencurian papan kayu jati di rumah dinas perhutani yang kosong tersebut. Untuk kerugian yang diderita pihak perhutani dari aksi pencurian itu diperkirakan kurang lebih mencapai puluhan juta rupiah.

”Kepada pelaku akan dikenakan ancaman dengan hukuman penjara minimal 5 (lima) tahun dan maksimal 10 (sepuluh) tahun karena melanggar UU RI Nomor 18 Tahun 2013 Jo pasal 363 KUHP tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dan pencurian dengan pemberatan”, pungkas Kapolsek Randublatung Polres Blora AKP Selamet R, SH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *