Polisi Ngopi Bareng Bersama Masyarakat Adalah Gambaran Keakraban Yang Harmonis

Salah satu cara yang dilakukan Polsek Jiken Resor Blora untuk merangkul masyarakat dengan melihat karakteristik wilayahnya sebagai bentuk kemitraan bersama masyarakat dengan melakukan pendekatan dan komunikasi melalui sebuah sarana.

Seperti yang dilakukan saat melaksanakan ptroli sambang, Kanit Provos dan anggota Bhabinkamtibmas di wilayah Desa Bleboh, Kec. Jiken, Kab. Blora Ipda Sukarjiyo yang mengajak warganya ngopi bersama saat sambang di warung Ibu Sumiyati Ds. Bleboh. Senin (30/01/17).

Ipda Sukarjiyo Kanit Provos Polsek Jiken mengatakan, terobosan kreatif yang dilakukannya sejalan dengan Program Polmas yang berarti Polisi Sahabat Masyarakat. Hal ini dimaksudkan lebih mengakrabkan agar tidak ada jarak antara polisi dengan masyarakatnya.

“Kami terus berupaya hadir di tengah masyarakat, selain lebih mendekatkan diri, dengan cara sederhana seperti ngopi bersama juga sebagai sarana menyampaikan imbauan Kamtibmas dan berbagai macam program lainnya,” katanya.

Ipda Sukarjiyo menjelaskan, salah satu program dan wajib dilakukan oleh Bhabinkamtibmas adalah sambang. Program tersebut terus digiatkan dengan berusaha selalu hadir di masyarakat dan tidak harus melalui beberapa even tertentu yang bersifat formil.

“Minum kopi bersama warga sangat bermanfaat dan lebih tepat sebagai bentuk sasaran dalam menyampaikan pesan Kamtibmas dengan mengajak masyarakat untuk bisa menjadi polisi bagi dirinya dan dilingkunganya masing-masing,” terangnya.

Secara umum, lanjut Ipda Sukarjiyo, terkadang masih banyak masyarakat yang takut akan kehadiran Polisi. Sehingga diharapkan adanya kegiatan ngopi bersama ini, antara warga dengan Polisi sudah menjadi seperti teman atau mitra sendiri dalam upaya bersama-sama melakukan pencegahan dan menangkal bentuk gangguan Kamtibmas maupun kejahatan.

“Dengan suasana ngopi, warga bisa santai mengutarakan kritik dan saran demi kemajuan kinerja Polisi maupun kamtibmas di lingkungannya,” imbuh Ipda Sukarjiyo.

Ia pun mengungkapkan, berkomunikasi melalui media ngopi, diharapkan hubungan antara Polisi dengan warganya selama ini tetap terjaga dengan baik. Hal ini akan berdampak pada terciptanya kedamaian dan keamanan yang kondusif.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password