Guna Menumbuhkan Kesadaran Nasional Polres Blora Gelar Upacara Rutin Bulanan Tiap Tanggal 17

Dihalaman Mapolres Blora telah dilaksanakan kegiatan Upacara bendera bulanan dalam rangka hari kesadaran nasional, dalam giat upacara tersebut dilaksanakan secara rutin setiap bulan setiap tanggal 17,  adapun sebagai Irup dalam upacara dijabat oleh Kapolres Blora AKBP  Surisman, S.I.K., M.H  pada hari Selasa tanggal 17  Januari 2017, dimulai pukul 08.00 Wib sampai selesai.

Dalam upacara bendera rutin bulanan di Mapolres Blora telah dihadiri Para Pejabat Utama Polres Blora yaitu para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, dan para perwira staf  Polres Blora, adapun sebagai pasukan upacara terdiri dari Satu pleton anggota Propam Polres dan Polsek jajaran, Satu pleton Anggota Sat Lantas, Satu Pleton anggota Sat Sabhara Polres Blora, Satu Pleton Gabungan Sat Sabhara Polsek Jajaran, satu pleton Gabungan Sat Reskrin bersama Sat Intelkam dan  Satu Pleton  anggota PNS.

Dalam pelaksanaan upacara bendera  tersebut untuk petugas upacara ditunjuk dari anggota Polsek Blora Kota yakni sebagai  pengibar bendera, petugas Pembacaan Tribrata dan  Catur Presetya. Dari mulai persiapan pasukan upacara, pengibaran Bendara Merah Putih, pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan pembacaan Janji Korp PNS tersebut berjalan dengan tertib dan lancar, dan selanjutnya Kapolres Blora membacakan amanat dari Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang intinya yaitu :

Kegiatan Upacara bendera yang kita laksanakan saat ini jangan dianggap sebagai kegiatan rutinitas, namun harus dimaknai sebagai momentum pelatihan tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik, menanamkan kembali nilai-nilai dan semangat Nasional pada setiap individu anggota Polri dan PNS Polri, ini penting untuk membangun karakter dan jati diri Polri, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian kita yang dilandasi oleh Tri Brata dan Catur Prasetya.

Upacara ini juga mengingatkan kepada kita bahwa yang kita peroleh saat ini adalah atas perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita, sehingga kita menjadi bangsa yang berdaulat.

Keberadaan kita sebagai salah satu alat Negera (sebagai pengayom, pelindung dan pelayanan Masyarakat)  yang saat ini diberikan kesempatan mengabdikan diri melalui Polri, kita harus tanamkan nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita.

Selanjutnya amanat Kapolda Jateng yang dibacakan Kapolres Blora AKBP Surisman SIK,MH bahwa di awal tahun 2017 banyak hal yang perlu kita tingkatkan dan benahi untuk memenuhi keinginan masyarakat. Semua kekurangan yang ada menjadi bahan refleksi bagi kita dan tentunya akan jadi bahan evaluasi dalam menghadapi tugas kedepan yang semakin kompleks dan berat. Kita harus terus melakukan analisa dan evaluasi terhadap permasalahan yang telah terjadi ditahun 2016.

Mencermati situasi kamtibmas pada saat ini, berdasarkan data selama bulan januari 2016, jumlah total kejahatan konvensional yang telah terjadi di wilayah hukum Polda Jateng mencapai 1.321 kasus dengan penyelesaian sebesar 829 kasus. Kasus tertinggi adalah pencurian dengan pemberatan sebanyak 220 kasus. Kemudian disusul dengan pencurian kendaraan bermotor sebesar 179 kasus. Sedangkan di bidang lalu lintas, selama bulan januari 2016 ini, telah terjadi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sebanyak 1.660 kejadian, dengan jumlah korban meningal dunia berjumlah 283 orang, luka berat sebanyak 42 orang dan luka ringan sebanyak 2.143 orang. Jumlah kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas tersebut, bila kita bandingkan dengan bulan desember 2015, ternyata mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah kejahatan meningkat hingga 41, 7 %, laka lantas meningkat sebesar 16,9 % serta jumlah pelanggran lalu lintas naik 31,9% dan korban meninggal dunia juga mengalami kenaikan hingga 14,6%.

Di satu sisi, ada hal yang cukup membanggakan bagi Polri yaitu kita sudah mendapatkan apresiasi yang cukup positif dari masyarakat, diantaranya pengungkapan penyalahgunaan narkoba dan penanganan terorisme.

Kesadaran untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan rasa aman pada masyarakat,bangsa dan negara merupakan titik tolak positif untuk mengawali pengabdian kita di tahun ini. Namun demikian, saya bangga atas prestasi yang berhasil dicapai, khususnya pengungkapan kasus yang menonjol. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan jadi pemicu semangat untuk mencetak prestasi berikutnya.

Banyak tugas besar yang menanti dihadapan kita, dimana salah satunya tugas pengamanan pemilukada di 7 Kabupaten di Jawa Tengah dengan tingkat kerawanan cukup tinggi.

Keberhasilan Polri bisa dilihat dari pelaksanaan Harkamtibmas, penegakan hukum,s erta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan yang nyata pada masyarakat.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres mengharapkan dan memerintahkan kepada seluruh anggotanya untuk :

  1. Tingkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai wujud rasa syukur dan peningkatan keimanan kita sebagai umat yang beragama.
  2. Tingkatkan terus tali silaturohmi dengan tokoh masyarakat dan tokoh lainnya yang berpotensi dapat mendukung pelaksanaan tugas Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang semakin kondusif.
  3. Tingkatkan dan lakukan diteksi dini dan diteksi aksi serta lapor cepat terhadap setiap perkembangan stuasi yang ada sehingga keamanan dan ketertiban diwilayah kita dapat terjaga dari adanya konflik Sosial, konflik Sara, Terorisme dan Intoleransi.
  4. Lakukan upaya dalam pengungkapan peredaran Narkoba yang lebih besar sehingga dapat ditumpas ke akar-akarnya.
  5. Lakukan pengungkapan dan penegakan hukum terhadap kasusu Korupsi, Ilegal Mining, Ilegal Fishing, Ilegal Loging dan Human Traficking di wilayah Blora.
  6. Lakukan pemberantasan terhadap Premanisme dan Bondet serta di bidang Lantas terus lakukan kampanye kesadaran berlalulintas.
  7. Petakan datakan wilayah yang pernah terjadi adanya kebakaran hutan, serta lakukan giat antisipasi dalam mencegah adanya kebakaran hutan di wilayah kita.

Upacar selesai dengan hikmat dan tertib para peserta upacara membubarkan diri dan kembali melanjutkan tugas dan fungsinya masing-masing.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password