POLRES BLORA LAKUKAN PEMERIKSAAN BARANG BAWAAN PENUMPANG DI DAERAH PERBATASAN JATENG-JATIM ANTISIPASI MASSA UNRAS KE JAKARTA

Kepala Stasiun Cepu Blora, Tonny mengatakan pemeriksaan barang bawaan penumpang tujuan Jakarta semata-mata dilakukan untuk menjaga keamanan para penumpang. Pemeriksaan dilakukan oleh pihak keamanan stasiun dan Kepolisian dari Polres Blora sejak. Jumat (2/12/2016).

img-20161201-wa0389“Penjagaannya normal seperti biasa karena semua penumpang terkait tujuan ke Jakarta dengan maksud dan tujuan apa, kita tidak tahu,” ujar Tonny yang ditemui, Jumat (2/12/2016) pagi Untuk pemeriksaan barang bawaan itu pihak Polsus KA bekerja sama denga Polisi untuk jaga-jaga saja. Mulai pemeriksaan senjata tajam (sajam), dan kemungkinan lain sepeti bahan peledak (handak), dan seterusnya, tandas Tonny.

Diakui Tonny, pemeriksaan barang bawaan penumpang merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Stasiun (KA) Cepu Blora. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para penumpang, karena tidak tersinggung dengan keamanan yang diperketat menjelang aksi Super Damai 2 Desember mendatang di Jakarta.

“Kalau ada (pemeriksaan) sebelumnya, itu hanya sebatas imbauan tertulis dari PT KAI yang terpampang di depan stasiun. Respon penumpang bagus, sopan, karena kita sampaikan dengan meminta izin terlebih dahulu. Syukur seluruh penumpang dengan suka rela mempersilakan petugas memeriksa barang yang mereka bawa,” ujar Tonny lagi.

img-20161201-wa0382PERBATASAN JATI DENGAN SULURSARI

Antisipasi juga dilakukan jajaran Polsek Jati yang hendak berangkat ke Jakarta, dengan menggunakan angkutan bus umum, Kamis hari ini. Petugas Polisi memeriksa barang-barang bawaan para penumpang bus yang mencurigakan ketika bus harus dihentikan.

Nampak petugas kepolisian dibantu petugas Dishub Blora, menggeledah sejumlah barang bawaan penumpang yang dianggap mencurigakan.

“Operasi ini serentak dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak, di antaranya Unit Lalu Lintas dan Dishub Blora,” ujar Kompol I Gede Arde, Kabag Ops Polres Blora,. Selain itu, petugas juga mengimbau agar para penumpang bus ke Jakarta untuk ikutan unjuk rasa aksi Super Damai 212 di Jakarta.

PERBATASAN KUNDURAN DENGAN WIROSARI

Pemeriksaan barang bawaan penumpang bus dan mobil pribadi juga dilakukan jajaran Kepolisian di perbatasan kabupaten Blora dengan kabupaten Grobogan, di desa Gagaan Kunduran. Selama dua hari masing-masing dilakukan 24 jam penuh itu digelar pemeriksaan penumpang, tidak ditemukan barang bawaan yang mencurigakan. “Ya, sampai, Kamis ini para penumpang angkutan umum bus dan mobil pribadi, aman-aman saja,” ujar Kabag Polres Blora Kompol I Gede Arde.

Dikatakan Kompol I Gede Arde, pemeriksaan di perbatasan digelar hingga Jumat (2/12) dan itu bisa diperpanjang sesuai kondisi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Jadwalnya fleksibel, menyesuaikan situasi dan kondisi, demi kamtibmas yang kondusif di Blora “Tugas Polisi kan melayani, melindungi dan mengayomi.

img-20161201-wa0319Jadi, kalau kondisi aman, antisipasi pemeriksaan itu kita cabut. Tapi saya yakin, mudah mudahan aman, kondusif,” ujar Kompol I Gede Arde .

Menurut Kompol I Gede Arde, Polres menurunkan kekuatan sebanyak tiga satuan setingkat kompi (SSK) atau sekitar 187 personil setiap harinya di perbatasan Kecamatan Jati dan Kecamatan Sulursaril, Kabupaten Blora, dengan Kabupaten Groboga, Jateng serta satu SSK di Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, dengan Kabupaten Rembang, Jateng, katanya.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password