POLRES BLORA GELAR APEL BESAR KEBHINEKAAN CINTA DAMAI

TBNewsPolresBlora – Hari ini Polres Blora menggelar apel besar Khebinekaan Cinta Damai di Lapangan apel Mapolres Blora, Rabu (16/11/2016). Sebagai Irup wakil Bupai Blora Arif Rohman mewakili Bupati Blora Joko Nugroho. Peserta apel terdiri dari anggota TNI, Polri, PNS, Linmas, Organiasi Kepemudaan, Para tokoh Agama dari KWI, PGI, Walubi, dan organisasi lintas agama, Tokoh Masyarakat.

img_4439Pada apel tersebut juga dibacakan deklarasi Khebinekaan Cinta Damai, salah satu poinnya yakni sanggup menjaga kerukunan beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu menolak segala bentuk paham kekekarasan, radikalisme dan terorisme yang mengancam kedaulatan NKRI.

Dalam sambutannya wakil Bupai Blora Arif Rohman mengatakan, kebhinekaan tersebut seyognya jadi ikatan bangsa. Kebhinekaan ras, agama dan budaya merupakan suatu kekayaan yang tidak ternilai harganya. Ia menjelaskan, apel ini merupakan upaya untuk bahu membahu tetap menjaga NKRI, jangan sampai kondisinya terjadi seperti di Timur Tengah.

“Sehingga dapat mewujudkan kerukunan dan kedamaian dalam berbangsa dan bernegara. Keragaman juga dapat memunculkan konflik. Padahal konflik itu tidak berdasarkan perbedaaan tersebut tapi faktor sosial dan ekonomi sehingga terjadi kecemburuan sosial serta memicu iri hati,” ujarnya.

img_4458Bangsa Indonesia, lanjutnya, adalah negara kesatuan terdiri dari suku, agama dan budaya yang menolak kekerasan, radikalisme dan terorisme yang memecah NKRI. “Walau beda, suku, ras dan agama tapi saling harga-menghargai untuk menjaga NKRI. Menolak segala bentuk paham kekerasan mengatasnamakan agama. Mari bergandengan tangan dan menjunjung tinggi hak anak bangsa.

Mendorong terjadinya perdamaian dalam perbedaan,” ungkapnya.
Apel yang melibatkan 500 orang itu bertujuan mengenalkan kembali nilai kepahlawanan para pejuang Indonesia. “Supaya rakyat Indonesia menghargaan kebhinekaan di Indonesia untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan tetap cinta damai,” pungkas Arif Rohman

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password