APEL BERSAMA ANTISIPASI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Jajaran Polres Blora melaksanakan Apel Bersama dalam rangka antisipasi menaggulangi kebakaran hutan dan lahan bertempat di Pos Perhutani Ngodo, KPH Randublatung. Dengan Pimpinan Apel Kapolres Blora, AKBP Surisman, S.I.K, S.H sedangkan tamu undangan Kepala Kantor Satpol PP Kab Blora, Kepala Kantor BPBD Kab Blora, Administratur di 3 KPH di  Kabupaten Blora, Wakapolres Blora, PJU Polres Blora, Kabag, Kasat, Kapolsek Eks Kawedanan Blora dan Randu. Peserta  Apel 1 Pleton Dalmas, 1 Pleton Gabungan Staff, 1 Pleton Gabungan Polsek Eks Kawedanan Kota, 1 Pleton Gabungan Eks Kawedanan Randu, 1 Pleton Pol PP, 1 Pleton Gabungan Polhutmob KPH Randublatung, 1 Pleton Polhutmob Gabungan KPH Blora, 1 Pleton LMDH Masyarakat tepi hutan dan LSM.apel tersebut dilaksanakan Selasa (27/09/2016).

whatsapp-image-2016-09-27-at-10-29-18

Apel bersama ini dilakanakan untuk mensosialisasikan cara menanggulangi dan mengantisipasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan yang bukan hanya tugas Dinas Kehutanan dan yang terkait namun juga seluruh elemen masyarakat sekitar hutan. Kapolres Blora sebagai pimpinan Apel, memberikan arahan kepada para peserta apel dan Tamu Undangan agar harus memehami semua proses dan langkah-langkah untuk mengantisipasi Bencana Kebakaran hutan dan lahan oleh narasumber sebagai pedoman antisipasi terjadinya musibah bencana tidak hanya Kebakaran naamun bencana alam lain yang sewaktu-waktu dimungkinkan terjadi. Kemudian juga disampaikan langkah kebersamaan Instansi mana yang lebih dahulu mengetahui musibah untuk segera melaporkan dan ditindak lanjuti bersama.

Setelah Apel, dilaksanakan juga simulasi Kebakaran hutan di Petak tertentu dan juga cara mengantisipasi terlebih dahulu, dengan melaporkan ke komando masing-masing lalu baru kemudian diatasi bersama. Petugas Patroli Polri dan Perhutani mengetahui dan memadamkan api secara manual serta yang lain melaporkan ke Komando atas atau Instansi terkait, tidak selang begitu lama, bantuan datang dari BPBD DamKar kemudian dari Pol PP, Polri dan Sumber daerah lokasi kebakaran bisa diamankan supaya tidak menjalar lebih luas, kemudian dari petugas Reskrim Polres mengamankan TKP, memberikan Garis Police Line, memotret dari yang umum ke yang khusus lokasi kejadian, selanjutnya olah TKP Kebakaran. Simulasi selesai, ditutup dengan Saran dan Masukan dari Tamu undangan.

whatsapp-image-2016-09-27-at-10-30-05

Kegiatan seperti ini akan sering dilaksanakan  karena ini merupakan ajang berdiskusi dan kordinasi antar Instansi terkait untuk membahas kendala atau hal-hal yang kurang dipahami agar dapat saling mengisi dan melengkapi kekurangan yang lain. Dan di harapkan program visi misi pimpinan Promoter Kapolri dapat berjalan baik dan sukses sebgai bentuk loyalitas kami terhadap institusi dan pimpinan.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password